Senin, 06 Agustus 2012

Pengertian dan Proses Manajemen


Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Secara umum manajemen dapat diartikan sebagai berikut;
Manajemen adalah Serangkaian kegiatan perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan ditujukan pada sumber daya organisasi manusia, keuangan, fisik, dan informasi dengan tujuan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara efisien dan efektif.

Proses Manajemen

Planning and Decision Making
Perencanaan dan Pengambilan Keputusan adalah menetapkan tujuan organisasi dan memilih suatu tindakan dari serangkaian alternatif untuk mencapainya.

Organizing
pengorganisasian adalah menentukan bagaimana kegiatan dan sumber daya harus dikelompokkan.

Leading
memimpin/mengarahkan adalah serangkaian proses yang digunakan untuk mendapatkan anggota organisasi untuk bekerja sama untuk memajukan kepentingan organisasi.

Controlling
mengontrol
adalah pemantauan kemajuan organisasi menuju tujuannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar