Dalam
artikel ini, kita akan membahas banyak cara yang dapat digunakan untuk menarik
lebih banyak pelanggan baru dalam ruang lingkup lingkungan Anda—sekali lagi,
dengan biaya rendah dan return yang tinggi.
1. Pasang
Brosur dan Poster di Toko-toko Tetangga
Satu cara
yang paling biasa, tidak mahal tetapi efektif untuk membuat konsumen
berdatangan ke toko Anda adalah dengan memasang brosur dan poster di toko-toko
sekeliling dalam lingkup lingkungan Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah
berteman dan mengunjungi para pemilik dari toko-toko di sekeliling, menjelaskan
maksud dan meminta izin untuk memasang poster atau brosur Anda pada toko
mereka. Kebanyakan pemilik toko tidak akan keberatan karena Anda dan mereka
bukanlah kompetitor secara langsung. Idealnya, toko-toko yang Anda kunjungi
memenuhi kategori-kategori sebagai berikut:
- Banyak orang yang mengunjungi toko mereka.
- Pengunjung toko mereka sesuai dengan target market Anda.
- Pengunjung toko mereka berhubungan dengan target market Anda.
- Toko-toko mereka bukanlah kompetitor Anda secara langsung (bukan yang memiliki bisnis yang sama)!
2. Kerja
Sama Secara Timbal Balik dengan Toko-Toko Sekeliling Anda
Untuk
membangun hubungan dengan toko-toko di sekeliling, Anda bisa juga menawarkan
kepada mereka untuk memasang brosur atau poster mereka di toko Anda. Ini akan
memudahkan mereka memberikan izin untuk memasang poster dan brosur Anda di toko
mereka. Bila memasang poster dan brosur Anda di toko mereka memang sangat
menguntungkan, Anda bahkan bisa menawarkan untuk mencetak poster mereka dan
memasangnya pada toko Anda!
3. Promosi
Silang Antar Toko Sekitar
Cara
efektif lain untuk membuat orang-orang mengunjungi toko Anda adalah dengan
melakukan “promosi silang” dengan toko-toko sekitar. Berikut beberapa
contohnya:
Pelanggan
manapun yang melakukan pembelian sebesar Rp 150.000 atau lebih di toko tetangga
Anda, otomatis mendapatkan bonus sepotong kue dari toko kue Anda.
Pelanggan
manapun yang membeli produk susu sebesar Rp 150.000 atau lebih di toko tetangga
Anda, otomatis mendapat kesempatan gratis pemeriksaan gigi di klinik Anda.
Pelanggan
manapun yang melakukan pembelian produk buah-buahan sebesar Rp 200.000 atau
lebih di toko tetangga, otomatis akan mendapatkan sepiring ayam goreng dari
restoran Anda.
Pelanggan
manapun yang menghabiskan Rp 150.000 atau lebih di salon tetangga, otomatis
mendapatkan lipstik dari toko kosmetik Anda.
Pelanggan
manapun yang menghabiskan Rp 150.000 atau lebih di toko stationery tetangga,
otomatis mendapatkan sebuah CD pendidikan gratis di kursus bahasa Inggris Anda.
Maksud
dari keseluruhan ide ini adalah membuat hubungan dengan semua orang yang
mengunjungi toko-toko di sekitar Anda (salon, dokter gigi, toko kue, toko buah,
minimarket, sekolah, bengkel, dan lain-lain) agar mengunjungi toko Anda juga.
Hal ini seperti “menyalurkan” semua pelanggan di satu lingkungan untuk
mengunjungi toko Anda!
4. Promosi
Timbal Balik dengan Toko-toko Tetangga
Tentu
saja, Anda juga dapat mengadakan kerja sama timbal-balik dengan toko-toko di
lingkungan Anda. Semua pengunjung yang menghabiskan sebanyak Rp 150.000 atau
lebih dari toko Anda, otomatis bisa mendapatkan bonus atau hadiah dari
toko-toko tetangga Anda.
5. Adakan
Open House/Seminar/Demo/Kompetisi
Salah satu
cara yang efektif untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda
adalah dengan menggelar open house. Pada hari spesial ini, Anda bisa mengadakan
suatu acara seperti:
Seminar
Untuk mengadakan seminar yang sukses, Anda perlu untuk mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
Untuk mengadakan seminar yang sukses, Anda perlu untuk mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
o Siapa
saja orang-orang (target market) yang Anda harapkan untuk berkunjung ke toko
Anda?
o Apa saja
yang diinginkan dan menjadi perhatian mereka?
o Topik
apa yang cocok dan menarik untuk mereka?
o Siapa
yang cocok menjadi pembicara di seminar tersebut?
Pembicaranya
haruslah seseorang yang disukai, dihormati, dan dikenal oleh kelompok target
market Anda.
Begitu
Anda mempunyai topik dan pembicara yang tepat, maka akan mudah menarik
pengunjung agar datang ke seminar tersebut.
Demo
Kunci untuk bagaimana mengadakan demo yang sukses adalah mirip dengan bagaimana mengadakan seminar yang sukses. Anda juga dapat mempertimbangkan hal-hal berikut:
Kunci untuk bagaimana mengadakan demo yang sukses adalah mirip dengan bagaimana mengadakan seminar yang sukses. Anda juga dapat mempertimbangkan hal-hal berikut:
o Siapa
saja target market yang Anda harapkan untuk berkunjung ke toko Anda?
o Demo
macam apa yang relevan dan menarik untuk mereka?
o Siapa
orang yang cocok untuk melakukan demo? Orang tersebut haruslah seseorang yang
disukai, dihormati, dan dikenal oleh kelompok target market tersebut.
Begitu
Anda memiliki tema dan orang yang cocok untuk demo tersebut, maka akan relatif
mudah untuk bisa menarik pengunjung untuk menghadiri acara demo produk Anda.
Kompetisi
Mengadakan suatu lomba atau kompetisi dengan hadiah-hadiah menarik adalah salah satu cara untuk dapat menarik pengunjung ke toko Anda. Ada banyak macam kompetisi yang dapat Anda adakan. Berikut beberapa contohnya:
Mengadakan suatu lomba atau kompetisi dengan hadiah-hadiah menarik adalah salah satu cara untuk dapat menarik pengunjung ke toko Anda. Ada banyak macam kompetisi yang dapat Anda adakan. Berikut beberapa contohnya:
o Lomba
foto bayi.
o Lomba
gambar atau mewarnai untuk anak-anak.
o Lomba
masak.
o Lomba
menulis artikel SEO
Ingatlah
bahwa hal yang paling penting untuk dapat mengadakan open house yang sukses
adalah menciptakan suasana atau atmosfir yang mendukung. Dengan demikian,
penting bagi Anda untuk mempunyai hal-hal berikut dalam open house tersebut:
o Banners
(spanduk).
o Brosur
untuk dibagi-bagikan.
o Kartu
Nama
6. Bekerja
Sama dengan Open House/Seminar/Demo/ Kompetisi yang Diadakan oleh Toko-toko di
Sekitar Anda
Agar bisa
menghemat biaya tetapi mampu mengadakan event yang berskala besar dan sukses,
Anda bisa bergabung atau bekerja sama dengan toko-toko di lingkungan Anda.
Tujuan utama dari hal ini adalah:
- Agar lebih ekonomis dan bisa berbagi biaya.
- Supaya bisa meningkatkan skala event agar menjadi lebih besar dan megah.
- Agar event-nya bisa menjadi lebih menarik bagi target market Anda.
- Satu event bisa memberi keuntungan bagi beberapa atau banyak toko.
- Membangun dan membina hubungan dengan toko-toko di lingkungan Anda.
Tetapi,
karena ada lebih dari satu pihak yang terlibat, maka pelaksanaan event tersebut
tentu menjadi lebih kompleks. Kita juga harus mempertimbangkan faktor-faktor
seperti kepentingan dan kepribadian dari toko-toko di sekitar Anda tersebut.
Jadi agar program ini bisa berjalan mulus, ada hal-hal yang perlu Anda
perhatikan:
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang tujuan dari event tersebut.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang hasil apa saja yang akan didapat dari event tersebut.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang anggaran dan prosedur pembayaran dari event tersebut—kapan uang sudah harus dibayarkan, kapan uangnya sudah harus terkumpul, dan lain-lain.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa setiap pembelian apa pun harus dicatat, diketahui semua pihak, dan harus ada bukti pembeliannya.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa harus ada laporan keuangan yang transparan dan jelas setiap akhir dari suatu event.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa semuanya akan bekerjasama untuk menuju ke satu tujuan dan dalam kondisi win-win result.
- Pastikan semua pihak mendapat tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dan mengerti dengan baik bagian dan perannya masing-masing.
- Pastikan semua pihak mengerti dan setuju siapa yang akan mengepalai event ini, dan siapa juga yang akan menjadi bendaharanya.
Bila tidak
ada orang yang kompeten atau mempunyai pengalaman yang cukup untuk menjalankan
event, maka akan lebih baik menunjuk suatu event organizer yang memang sudah
berpengalaman. Pastinya hal ini akan membutuhkan lebih banyak biaya, tetapi
hasilnya akan jauh lebih baik dan para pemilik toko tidak harus menghabiskan
waktu, energi, dan usaha untuk mengatur sendiri event tersebut. Mereka hanya
perlu sering melakukan koordinasi dengan pihak event organizer.
7. Pasang
Brosur dan Poster Mengenai Open House Anda di Toko-toko Sekitar
Tentu
saja, Anda dapat mengkombinasikan ide nomor (5) dan (6) dengan ide nomor (1).
Ini berarti Anda memasang poster dan brosur mengenai open house Anda di
toko-toko sekitar.
8. Anda
Bahkan Tidak Memerlukan Sebuah Toko!
Tentu saja
semua ide yang sudah dijelaskan di atas TIDAK BERARTI Anda harus memiliki
sebuah toko! Ide-ide tersebut tetap bisa digunakan dengan sama efektifnya
apabila Anda bekerja dari rumah, dan melakukan hal-hal seperti berikut:
- Pemasaran jaringan social media(facebook, twitter marketing)
- Agen properti
- Guru
- Programmer komputer Lepas
- Tukang listrik lepas
- Kontraktor lepas
- Desainer grafis
- Ahli interior
- Katering atau koki spesial
- dan lain-lain.
Diharapkan
setelah menjelaskan kepada Anda semua hal tersebut di atas, Anda dapat
menyadari bahwa ada cara-cara lain yang tidak terbatas! Anda hanya memerlukan
sedikit kreativitas dan berusaha untuk sedikit berpikir outside the box. Anda
tidak perlu melangkah terlalu jauh. Semuanya sudah ada di lingkungan Anda
sendiri!(marketing.co.id)
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
news
- Deskripsi Bentuk Fisik Tumpukan Uang 1 juta, milliar, triliun U$ dollar
- Cara Daftar Paket Internet Simpati Loop 6gb, 12gb, 16gb 2016
- Teknologi Drone adalah Teknologi Baru
- Orang-orang Ini Pilih Hidup Sederhana Padahal Kaya dan Terkenal
- Cara Reset Password (Passcode) iPhone
- Tutorial Factory Reset Pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus 2016
- Mengupas Perbedaan S1 dan S2 hingga S3
- Spesifikasi Mobil Lamborghini Veneno Roadster dan Kisaran Harga
- Harga Samsung Galaxy Note 5, Ponsel Tercepat Ram 4GB
- Daftar Harga HP Samsung Android Terbaru April 2015
- Teori Nilai Tambah
- MAKALAH EKONOMI PEMBANGUNAN TENTANG PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH PERTANIAN DAN INDUSTRI
- Mobil Penakluk Hati Wanita
- Batu Cincin Akik Termahal Dan Populer
- Lamborghini Klasik Puluhan Miliar Ditemukan 'Terdampar' di Garasi Tua!
- Spesifikasi dan Harga Apple iPhone 6 Terbaru Februari 2015
- Harga Xiaomi Mi4 Di Indonesia dan Spesifikasinya
- Xiaomi Redmi 1S Spesifikasi Harga, Smartphone Terbaru 1.5 Jutaan
- Harga Asus Zenfone 6, Berspesifikasi Cpu Intel Atom
- Harga Asus FonePad 7 FE170CG Terbaru Januari 2015
- MAN OF THE MATCH Korea Selatan 1-2 Australia: Massimo Luongo
- Hot SPG ADV-1 Wheels 2015
- Bos Cantik Bagi-Bagi Mobil Mewah untuk Karyawannya
- 'Mainan' Bernilai Miliaran Milik Petinju Kelas Dunia
- Model Cantik Ini Trauma Pakai Manual
marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar