Jumat, 01 Januari 2016

Cara Meningkatkan Pagerank Blog/Website Terbaru 2016

http://3.bp.blogspot.com/-uveQtoc_29k/USTTpq7q1MI/AAAAAAAADS8/au50uSdtebo/s1600/tips+menaikkan+pagerank.jpg 
Apakah SEO itu?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam bahasa sederhana, SEO merujuk pada proses optimasi sebuah website agar lebih mudah dan lebih banyak di indeks oleh mesin pencari. Tujuannya tidak lain adalah agar menjadi hasil pencarian teratas pada saat orang lain memasukkan keyword / kata kunci pada mesin pencari.

Pencarian teratas bermanfaat memperbesar kemungkinan pengguna internet untuk “berkunjung” ke blog / website kita. Karena pada umumnya pengguna internet akan mengunjungi hasil pencarian teratas pada saat melakukan pencarian frase atau kata kunci tertentu.

Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi trafik kunjungan yang kita dapat. Hal ini menjadi acuan para pemasang iklan (advertisers termasuk didalamnya AdSense, dan sejenisnya) untuk memasang iklan di website yang kita kelola.

Faktor ini membantu dan mempermudah kita untuk melakukan web monetization alias menghasilkan pendapatan (uang) dari website atau blog yang kita kelola.

    SEO on-page : optimasi SEO di dalam halaman utama blog atau website.
    SEO off-page : optimasi di luar halaman utama blog atau website.

Lanjut ke SEO On-Page untuk meningkatkan pagerank blog baru atau blog pemula.

    Pilihlah tema bahasan (niche) yang sesuai untuk blog atau website anda. Jangan mencampur aduk konten dengan banyak tema, misalnya jika blog anda menggunakan tema komputer, maka tulislah posting-posting yang berhubungan dengan komputer saja.
    Setelah anda mendapatkan niche yang pas, gunakanlah nama domain yang pendek dan mudah diingat untuk blog anda dan tetap memiliki unsur niche yang anda targetkan. Sebagai contoh : www.tipskomputer.com, tipspcindo.com, tutorialkomputer.com dan lain-lainnya. Oia.. usahakan agar menggunakan domain dengan ekstensi .com, .net, .info, atau .org. Bagaimana dengan .web.id? Kalo bisa jangan deh.. :)
    Niche sudah ada, domain sudah ada, selanjutnya adalah pemilihan platform blogging. Anda bisa memilih 2 platform : blogger.com atau wordpress. Pilihlah sesuai keinginan anda. Jika anda memiliki budget terbatas, blogger.com bisa menjadi pilihan yang cukup baik.
    Setelah anda menentukan platform blogging, maka selanjutnya adalah menentukan tema (themes) blog yang akan dipakai. Kriteria memilih tema ada 3 hal: responsif / cepat di-loading, tidak banyak menggunakan atribut yang tidak penting, dan mudah dibaca. Hal ini penting karena mesin pencari akan memberi penalti kepada blog yang lambat diakses dan blog yang terlalu kompleks untuk diindeks. Gunakan themes yang tulisannya (typography) mudah dibaca, agar pengunjung betah membaca posting yang anda tulis.
    Semua sudah disetel! Selanjutnya adalah melakukan posting. Posting atau artikel yang anda tulis harus bersifat unik, tidak terdapat di blog lainnya (orisinal), menarik dan informatif. Tulislah artikel yang bermanfaat untuk anda dan juga bermanfaat untuk pengunjung anda. Tidak masalah menggunakan sedikit kata-kata yang provokatif untuk “memancing” feedback atau komentar dari pengunjung blog. Tulis artikel yang sering kita temukan dalam keseharian kita namun tetap memiliki relasi terhadap niche blog. Tulis sebanyak mungkin artikel karena makin banyak posting maka semakin banyak juga keyword yang dapat dijaring, namun tetap usahakan posting anda adalah posting yang berkualitas.
    Bersabar! Ya, bersabarlah… karena proses untuk mendapatkan pagerank yang tinggi memerlukan waktu dan usaha. Posting, posting, dan terus posting. Kesabaran akan berbuah manis :)

Tips agar dapat mem-boost pagerank untuk blog baru:

    Anda mahir bahasa inggris? Jika iya, tulislah artikel berbahasa inggris. Bahasa inggris adalah bahasa internasional, sehingga semakin banyak anda menulis artikel berbahasa inggris maka makin banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang akan mampir ke blog anda. Artikel yang dapat anda pilih sebaiknya bersifat seperti panduan (how-to), e-book, tutorial dan review. Karena artikel bertipe seperti ini sangat banyak dicari.
    Optimasi themes blog yang anda gunakan, seperti menggunakan tag h1 untuk judul artikel dan hindari duplikasi konten. Anda dapat menemukan tutorialnya disini.
    Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat pada judul posting, alamat url posting, dan sebarlah keyword tersebut kedalam posting yang kita tulis. Penjelasan cara “membidik” keyword dapat anda simak di halaman berikut ini
    Postinglah minimal 5 artikel sehari. Jadikan diri anda seorang jurnalis yang haus akan berita. Pada saat anda mendapatkan berita atau ide, maka segeralah tuangkan berita atau ide tersebut kedalam bentuk artikel.
    Gunakan plugin yang dapat membuat sitemap dan mem-ping search engine secara otomatis pada saat kita memposting artikel atau membuat halaman seperti plugin Google XML Sitemap untuk wordpress. Sitemap membantu Google dan search engine lainnya meng-indeks blog dengan lebih efisien.

Berikut ini cara-cara menarik yang juga bisa ditiru. Diantaranya:
  1. Sebarlah template gratis dengan sudah dipasangi credit link blog kita. Sebaiknya pasang 1 di footer dan satu lagi dibagian dalam body HTML (jaga-jaga siapa tahu ada yang melepasnya).
  2. Buatlah widget yang berguna dan pasang link ke situs kita dari widget tersebut. Contohnya widget like facebook, salju di blog, gambar gerak-gerak yang lucu sebagai penghias situs.
  3. Pastikan rajin berkomentar di semua blog yang dofollow comment, yang memungkinkan menggunakan NAME/URL atau openID
  4. Submit ke banyak social bookmark, pasang link profile di forum dan social media maupun direktori link.
  5. Buatlah rewards buat komentator dengan memberikan penghargaan dalam bentuk gambar yang keren atau tulisan yang memuji, misalnya “best visitor”, best blogger” dan lain-lain. Gambar ini sebaiknya ditanam di salah satu postingan kita dan saat diberikan berbentuk script atau kode html yang mengandung link blog kita.
  6. Salah satu trik cerdas dalam meningkatkan pagerank adalah dengan menyebarkan info backlink otomatis atau tukar link otomatis. Saat anda memasang widget link sahabat tersebut, memang terkesan ada link kita di blog tersebut dan itu sebenarnya bisa di setting.
  7. Membuat halaman tukar link tetapi sebenarnya halaman tersebut no indeks. Ini sebenarnya cukup curang tetapi salah anda kalau mau mengikutinya.
  8. Membuat review tentang suatu bisnis secara gratis, misalnya dengan memberikan rekomendasi, lalu menghubungi pemilik website agar memasang kode rekomendasi yang mengarah ke artikel review tersebut. Biasanya, pemilik bisnis suka karena dipikir akan memperkuat kepercayaan dari calon pembeli.
  9. Melakukan redirect dari domain PR tinggi valid. Untuk teknik ini perlu hati-hati karena banyak yang dijual dengan PR fake (hasil redirect juga).
  10. Membuat artikel tentang backlink MLM lalu mengajak pengunjung untuk mengcopy artikel dan meletakkan link dalam suatu urutan.
  11. Menyebarkan simbol-simbol yang terkesan memberi gengsi seperti seo checker, simbol Pagerank dan lain sebagainya.
  12. Mengijinkan untuk submit URL atau artikel dengan syarat memasang link balik. Biasanya yang sudah memiliki pagerank minimal 2 melakukan hal ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar